Jumat, 06 Agustus 2010

PROTA dan PROMES TAPEL 2010/2011


Mengawali Tahun Pelajaran 2010/2011,KKG Gugus 1 Bandarkedungmulyo Jombang telah memualai kegiatannya. Hal pertama yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan KKG Gugus 1 Bandarkedungmulyo yaitu menyusunProta dan Promes Tahun Pelajaran 2010/2011. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis,22 Juli 2010. Bertempat di SDN Kayen 1 sebagai pusat kegiatan KKG Gugus 1 selama ini. Selain dihadiri oleh pengurus KKG Gugus 1 tentu saja, kegiatan ini juga dipandu oleh pengawas TK/SD yaitu Bpk.Arief Bintoro,SPd bersama Pengurus KKG. Sedangkan pesertanya adalah semua guru kelas 1 sampai guru kelas 6 ditambah dengan guru Penjaskes,guru PAI,dan guru Bahasa Inggris.Semuanya berjumlah kurang lebih 90 orang.Kegiatan dimulai pukul 08.00 wib dan berakhir pada pukul 12.30 wib.
Adapun produk yang dihasilkan yaitu promes dan prota dari kelas 1 sampai kelas 6. Di bawah ini sebagaian hasil yang kami tampilkan.
PROGRAM TAHUNAN/PROTA


Sekolah : SDN Kayen I Mata Pelajaran : IPA
Kelas : V / lima Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester SK Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu
1





1





1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
1.2. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ percernaan manusia dan
hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran manusia • Organ pernafasan manusia
• Organ pernafasan hewan


• Organ percernakan manusia

• Organ peredaran darah manusia
• Penyakit yang menyerang organ peredaran darah manusia 6

6


6



6

6
2 2.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.2. Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
• Tumbuhan hijau

• Ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau 6


6
3 3.1. Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan
tertentu untuk mempertahankan hidup
3.2. Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingku
ngan tertentu untuk mempertahankan hidup
• Penyesuaian hewan dengan lingkungannya


• Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya 6




6
4
4.1. Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untukmempertahankan hidup
4.2. Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
• Struktur bahan



• Perubahan kimia dan fisika 4



4


2 5 5.1.Mendeskripsikan hubungan an antara gaya,gerak,dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi,gaya gesek,gaya magnet)
5.2.Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat • Gaya gravitasi
Gaya gesek
Gaya magnet


• Pesawat sederhana 8




10
6 6.1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2.Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya • Cahaya dan sifat-sifatnya

• Penerapan sifat-sifat cahaya 8

8
7 7.1.Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.2.Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3.Mendeskripsikan struktur bumi
7.4.Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
7.5.Mendeskripsikan perlunya penghematan air
7.6.Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makluk hidup dan lingkungannya
7.7.Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan,dsb) • Proses pembentukan tanah

• Jenis-jenis tanah

• Struktur bumi dan struktur matahari
• Daur air dan peristiwa alam


• Penghematan air

• Bencana alam




• Sumber daya alam dan penggunaannya

8


8

8

8



8

8




8

152

Kayen, 12 Juli 2010



Mengetahui,
Kepala SDN Kayen I Guru Kelas




BOWO,SPd ZAENAL,SPd
Nip.19600320 198201 1 008 Nip.19680622 200501 1 006























PROGRAM TAHUNAN/PROTA


Sekolah : SDN Kayen I Mata Pelajaran : IPS
Kelas : V / lima Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester SK Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu
1






1



1.1. Mengenal makna peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia
1.2. menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia
1.3. Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.5. Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia • Kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia


• Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
• Keanekaragaman kemampuan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian waktu

• Menghargai suku bangsa dan budaya di Indonesia

• Kegiatan ekonomi
10


10



10



8


8

2 2 2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan Jepang
2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3.menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4.Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
• Perjuangan para pejuag pada masa penjajahan Belanda dan Jepang

• Masa persiapan kemerdekaan

• Peristiwa sekitar proklamasi


• Perjuangan mempertahankan kemerdekaan 22



20


18



14

118

Kayen, Juli 2010



Mengetahui,
Kepala SDN Kayen I Guru Kelas




BOWO,SPd ZAENAL,SPd
Nip.19600320 198201 1 008 Nip.19680622 200501 1 006




PROGRAM TAHUNAN/PROTA


Sekolah : SDN Kayen I Mata Pelajaran : Bhs.Indonesia
Kelas : V / lima Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester SK Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu






1
1 MENDENGARKAN
1.1.Menanggapi penjelasan narasumber (petani,nelayan,pedagang,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
1.2.Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
• Penjelasan narasumber



• Teks cerita rakyat
8



8
2 BERBICARA
2.1.Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2.Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar
2.3.Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani,pedagang,nelayan,dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa


• Masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah



• Menceritakan hasil pengamatan


• Wawancara dengan narasumber (petani,nelayan,pedagang,karyawan,dll)

8



8




8
3 MEMBACA
3.1.Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit
3.3.Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

• Teks percakapan


• Teks bacaan


• Puisi karya anak

8


8


8
4 MENULIS
4.1.Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2.Menulis surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah,kenaikan kelas,dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3.Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
• Pengalaman siswa



• Surat kalimat efektif





• Dialog/percakapan sederhana
8



8





8






2 5 MENDENGARKAN
5.1.Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
5.2.Mengidentifikasi unsure cerita (tokoh,tema,latar,amanat)
• Peristiwa yang terjadi di sekolah

• Cerita pendek anak
16


16
6 BERBICARA
6.1.Mengomentari persoalan factual disertai alas an yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2.Memerankan tokoh drama sengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
• Persoalan factual



• Drama pendek

14



14





7
MEMBACA
7.1.Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
7.2.Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku-buku petunjuk telepon,jadwal perjalanan,daftar susunan acara,daftar menu,dll) yang dilakukan melalui membaca memindai
7.3.Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
• Berbagai teks


• Petunjuk jadwal perjalanan,sarana transportasi,susunan acara,daftar menu



• Cerita anak
14



14





14
8 MENULIS
8.1.Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2.Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,konsep awal,perbaikan,final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
• Buku pengetahuan dan cerita

• Sistematika penyusunan laporan
14



14
218

Kayen, 12 Juli 2010



Mengetahui,
Kepala SDN Kayen I Guru Kelas




BOWO,SPd ZAENAL,SPd
Nip.19600320 198201 1 008 Nip.19680622 200501 1 006











PROGRAM TAHUNAN/PROTA


Sekolah : SDN Kayen I Mata Pelajaran : PKn
Kelas : V / lima Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester SK Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu
1
1
1.1. Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.2. Menjelaskan pentingnya leutuhan Negara Kesatuan Indonesia
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia • NKRI

• Kesatuan dan Persatuan


• Perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI

4

4


4
2 2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya Peraturan Perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
2.2. Memberikan contoh peraturan Perundang-undangan tingkat pusat dan daerah seperti pajak anti korupsi,lalu lintas,larangan merokok
• Peraturan Perundang-undangan tingkat pusat dan daerah

• Contoh peraturan Perundang-undangan tingkat pusat dan daerah

4



4

2 3 3.1.Mendeskripsikan pengertian organisasi
3.2.Menyebutkan contoh organisasi di sekolah dan masyarakat
3.3.Menampilkan peran serta dalam pemilihan organisasi di sekolah • Organisasi

• Organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

• Pemilihan pengurus organisasi sekolah 6


6

6
4 4.1.Mengenal bentuk keputusan bersama
4.2.Mematuhi keputusan bersama • Bentuk-bentuk keputusan bersama
• Pelaksanaan keputusan bersama 6

6

50

Kayen,12 Juli 2010



Mengetahui,
Kepala SDN Kayen I Guru Kelas




BOWO,SPd ZAENAL,SPd
Nip.19600320 198201 1 008 Nip.19680622 200501 1 006








PROGRAM TAHUNAN/PROTA


Sekolah : SDN Kayen I Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V / lima Tahun Pelajaran : 2010/2011

Semester SK Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu





1






1





1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya,pembulatan dan penafsiran
1.2. Menggunakan factor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3. Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4. Mengitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB • Operasi hitung bilangan bulat



• KPK dan FPB

• Operasi hitung campuran bilangan bulat
• Perpangkatan dua dan penarikan akar pangkat dua
• Operasi hitung KPK dan FPB 8




8


6

6

6





2
2.1. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2. Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3.Melakukan pengukuran sudut
2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5.Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu,jarak,dan kecepatan
• Pengukuran waktu


• Pengukuran waktu
• Pengukuran sudut
• Hubungan jarak,waktu,dan kecepatan
• Pengukuran jarak,waktu,dan kecepatan 6


6
6

6


8
3 3.1. Menghitung luas trapezium dan laying-layang

3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
• Luas bangun datar (trapezium dan laying-layang)
• Luas bangun datar 6


6
4 4.1. Mengitung volume kubus dan balok
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
• Volume bangun ruang

• Volume bangun ruang 6

6

2 5 5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan decimal serta sebaliknya
5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala • Operasi hitung pecahan


• Operasi hitung pecahan


• Operasi hitung pecahan

• Operasi hitung pecahan dalam perbandingan 16


16


18

18
6 6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3.Menetukan jarring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana • Sifat-sifat bangun ruang

• Jaring-jaring berbagai bangun ruang

• Sifat-sifat kesebangunan dan simetri

• Bangun datar dan bangun ruang 16

16


16


16

192

Kayen,12 Juli 2010



Mengetahui,
Kepala SDN Kayen I Guru Kelas




BOWO,SPd ZAENAL,SPd
Nip.19600320 198201 1 008 Nip.19680622 200501 1 006